Persiapan Memulai Blogging Untuk Pemula

Persiapan Memulai Blogging Untuk Pemula

Persiapan Memulai Blogging Untuk Pemula adalah sebuah postingan yang khusus saya peruntukkan bagi anda yang masih pemula dan ingin menggeluti aktifitas blogging ada baiknya anda membaca langkah langkah persiapan memulai blogging di bawah ini agar apa yang anda inginkan dengan menjadi seorang blogger dapat tercapai dan terwujud apa yang anda inginkan dari aktifitas blogging ini.

Langkah Persiapan Untuk Memulai Blogging

Sebelum anda mulai membuat blog dan memutuskan diri anda untuk menekuni blogging ini sebaiknya dimantapkan terlebuih dahulu niat dan alasan anda mengapa anda iungin menjalankan aktifitas blogging ini. Banyak dari mereka para pemula yang sekedar membuat blog yang didasari oleh rasa iseng dan hanya "just fun" saja dengan apa yang dijalankannya. Saya berpendapat jika aktifitas blogginjg didasari oleh sekedar hanya iseng semata itu adalah sebuah alasan yang keliru menurut saya. Niat dan alasan memulai blogging ini saya ibaratkan kita sudang meletakkan sebuah pondasi yang kokoh danb jika pondasi itu tidak anda jalankan secara serius maka sudah dipastikan apa yang anda lakukan itu hanyalah sebuah kesia-siaan semata.

Banyak dari mereka yang masih belum memahami mengapa harus mereka melakukan aktifitas blogging ini dan kebanyakan itu adalah mereka yang masij pemula dan belum memahami apa pentingnya membuat blog saat ini. Baiklah akan saya coba beberkan kepada anda mengapa anda harus membuat blog sebagai sarana aktifitas blogging anda hari ini.

1. Blog adalah sebagai media sharing ionformasi dan menjalin relasi

Dunia maya telah menjadi dunia kedua umat manusia saat ini. Hampir sekian juta manusia setiap harinya berinteraksi satu sama lain di internet. Media interaksi itu bisa terjadi melalui media sosial, website ataupun blog blog yang ada. Dengan kondisi demikian maka tak bisa dipungkiri dan ini harus anda sadari bahwa dengan memulai blogging dengan cara membuat blog ini adalah sebuah kegiatan positif karena anda telah menyebarkan berbagai informasi yang mungkin akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya. Dengan bermanfaatnya apa yang anda bagi itu tidak menutup kemungkinan anda akan bisa nantinya membangun relasi yang akan bisa anda manfaatkan dikemudian hari kelak.

2. Blog sebagai sarana pembelajaran yang paling efektif.

Informasi apa yang tidak kita dapatkan dari media internet itu? semuanya ada dan tersaji secara lengkap dan begitu mudahnya untuk kita dapatkan. Informasi itu sebagian besar ada di halaman halaman situs pribadi yang sering disebut dengan blog. Dengan menjadi seorang blogger dan mengelola sebuah blog saya yakin disadari atau tidak sobat akan banyak belajar berbagai hal baik itu tentang informasi dan ilmu yang berkaitan dengan blog sobat ataupun informasi dan ilmu lain yang sobat butuhkan.

Baiklah kita kembali lagi ke topik tentang langkah langkah persiapan memulai blogging untuk pemula di atas, saya akan mencoba memberikan beberapa catatan penting yang mungkin bisa anda gunakan sebagai cara terbaik dan tepat membangun sebuah blog dan memulai aktifitas blogging anda.

Tetapkan Tujuan

Menetapkan tujuan itu adalah langkah persiapan awal memulai blogging yang sangat penting untuk anda perhatikan. Dengan menetapkan sebuah tujuan yang tepat akan membawa blog menuju jalan yang lurus, searah, tidak porak parik, dan lebih mudah merawatnya. Menetapkan tujuan yang tepat adalah sama dengan anda telah meletakkan sebuah pondasi yang baik untuk persiapan memulai blogging yang akan anda geluti tersebut nantinya. Sebuah blog yang dibangun tanpa sebuah tujuan yang baik dan tepat dapat menyebabkan blog anda tidak akan bisa terawat dengan baik dan akan cepat "roboh".

Tentukan Niche Anda

Niche adalah tema atau karakter, sifat, atau bentuk kasaran yang dapat di terima oleh seorang pengunjung blog sebelum melihat blog itu secara langsung. Jika anda salah dalam hal memilih niche ini bisa jadi akan berakibat buruk dan hasilnya kurang maksimal dalam memulai blogging yang akan anda lakoni nantinya.

Tentukan platform apa yang akan anda gunakan dalam memulai membuat blog

Banyak sekali platform pembuat blog yang bisa anda gunakan sebagai tools yang tepat untuk memulai blogging ini. Platform dapat mempengaruhi kinerja dan fitur blog, ada banyak macam jenis platform gratisan untuk membuat blog semisal : blogspot, wordpress, webly, mywapblog dan masih banyak lagi, diantara semua platform tersebut pastilah mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Saran saya adalah pilihlah platform yang menurut anda paling mudah untuk anda gunakan dan khusus untuk pemula sebaiknya anda memulai blogging dengan mencoba platform yang gratisan terlebih dahulu.

Setelah anda mengetahui apa langkah langkah persiapan apa saja yang perlu anda perhatikan dalam rangka memulai blogging ini maka saya akan lanjut kepada langkah-langkah yang kudu sobat blogger harus lakukan untuk memulai aktivitas blogging agar bisa sukses untuk menjadi seorang blogger dan berikut ini adalah langkahnya :
Demikianlah langkah langkah persiapan memulai blogging untuk pemula yang mungkin bisa anda terapkan nantinya dan semoga uraian singkat ini dapat memberikan gambaran yang berguna dan bermanfaat bagi sobat blogger yang baru saja bergabung dalam dunia blogging ini.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg
Di posting oleh : Unknown , Update pada : 04.15 | ► 0 komentar